.

Calendar Clock

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Powered By therelax.com

Alexa stats and google pagerank

Facebook LikeBox

ÔĽŅ

Vip Amazon Associates

Pesan Admin

Untuk sahabat LegendaMusik,apabila anda suka situs ini jangan lupa "like" Fans Page Facebook kami ya!

ttd.Hartono Benny Hidayat

Tony Q Rastafara PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 16 March 2011 11:01
tony-q-rastafara

tony-q-rastafara

Tony Waluyo Sukmoasih (populer dengan nama Tony Q atau Tony Q Rastafara; lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961; umur 49 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia beraliran reggae yang telah aktif di ragam tersebut sejak tahun 1989.

Dia bersama grup musiknya Rastafara mempopulerkan istilah ‚Äúrambut gimbal‚ÄĚ (gaya rambut dreadlock) di Indonesia lewat lagu dengan judul yang sama pada tahun 1996. Tony Q telah menjadi ikon musik reggae Indonesia. Dia dianggap sebagai pelopor reggae di Indonesia, karena dia tak hanya berkecimpung di ragam tersebut sejak lama, namun juga mengembangkan karakter musik reggaenya sendiri, dimana dia memasukkan banyak unsur tradisional Indonesia ke musiknya, dan mengangkat tema-tema khas Indonesia dalam musiknya.

Kehidupan pribadi.
Tony Q adalah seorang lulusan STM Perkapalan di Semarang. Sebelum terjun ke dunia musik, pada tahun 1980 Tony Q pernah bekerja selama enam bulan di bagian quality control (pengendalian mutu) di sebuah pabrik pengalengan milik perusahaan Singapura di Cakung, Jakarta Timur. Namun kemudian dia meninggalkan pekerjaan tersebut dan memilih untuk menjadi pengamen di jalanan dan seorang musisi, menghadapi tentangan keras keluarganya. Dia sempat menjadi pengamen selama lima sampai enam tahun di daerah Blok M, Jakarta

Karier musik
Menurut wawancara dengan Tony Q di Radio Nederland Wereldomroep, sebelum terjun di musik reggae, dia pernah memainkan blues, rock, bahkan musik country. Tahun 1989 dia akhirnya memilih menekuni musik reggae yang menurutnya tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Tony Q mengaku sangat mengidolakan Bob Marley, almarhum musisi reggae kenamaan asal Jamaika.

Bersama Rastafara
Tony Q memulai karier musik reggaenya sejak tahun 1989 dengan grup musik Roots Rock Reggae. Biasa manggung dari kafe ke kafe atau acara pentas musik yang ada di Jakarta. Setelah tergabung dengan banyak band reggae seperti Exodus dan Rastaman, akhirnya pada tahun 1994 dia membentuk grup musik Rastafara yang menjadi cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia saat itu. Bersama Rastafara dia sempat merilis dua album, yaitu ‚ÄúRambut Gimbal‚ÄĚ (1996) dan ‚ÄúGue Falling In Love‚ÄĚ (1997).

Hampir semua lagu dalam album tersebut diciptakan Tony Q, dengan lirik lagu yang banyak bertema sosial, kemanusiaan, cinta, dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satu lagunya yang populer adalah ‚ÄúRambut Gimbal‚ÄĚ, sebuah istilah untuk gaya rambut dreadlock yang kerap digunakan oleh pengikut Gerakan Rastafari, yang kemudian secara tidak langsung dijadikan istilah dalam bahasa Indonesia yang menjadi populer karena lagu tersebut.

Rastafara saat itu dinilai berbeda dengan grup musik reggae lainnya karena mereka berhasil memasukan dan memadukan unsur-unsur musik dan instrumen tradisional khas Indonesia ke dalam musiknya sehingga terbentuklah musik reggae ala Indonesia yang bisa terlepas dari bayang-bayang musik reggae negara lain seperti Bob Marley, UB40 atau Jimmy Cliff. Penggunaan alat-alat musik tradisional seperti Kendang Sunda atau Gamelan Jawa ikut menambah warna musik dalam lagu-lagu Rastafara. Dan pada aransemen musiknya sepintas juga terlihat unsur-unsur musik Melayu, musik khas daerah Sumatera Utara, atau Sumatera Barat.

Pada tahun 1997 Rastafara memutuskan untuk vakum dalam musik karena kurangnya pasar musik reggae di Indonesia. Tony Q kemudian melanjutkan kariernya dengan membentuk band baru dengan tetap membawa nama Rastafara. Tahun 1998 terbentuklah Tony Q & New Rastafara, dengan format band mendapat pemain tambahan. Tetapi kemudian tahun 2000 Tony Q memutuskan untuk memulai karier solo dengan tetap membawa nama grup musik yang telah membuatnya dikenal oleh para penggemarnya, yaitu Tony Q Rastafara.

Karier musik solo
Tahun 2000 Tony Q yang sekarang dikenal dengan nama Tony Q Rastafara berhasil merilis album solonya yang pertama, ‚ÄúDamai Dengan Cinta‚ÄĚ tanpa dinaungi perusahaan rekaman. Pada album solo pertamanya ini Tony Q mulai mengalami puncak kariernya dalam musik reggae. Setelah mendengar album pertamanya tersebut, seorang profesor di bidang musik dari Kanada memberikan Tony Q referensi untuk mengirimkan demo untuk ikut dalam ajang Bob Marley Festival di Amerika Serikat. Pihak penyelenggara festival tersebut menyukai lagu-lagu yang ada di demo tersebut dan kemudian mengundang Tony Q untuk tampil diacara yang sama pada tahun 2002. Namun keberangkatan Tony Q beserta rombongannya ke festival tersebut terpaksa batal karena mereka tidak mendapat izin visa dari Kedutaan Amerika dikarenakan alasan keamanan terkait terjadinya ‚ÄúPeristiwa 9/11‚Ä≥ di Amerika Serikat yang terjadi berdekatan dengan rencana keberangkatan Tony Q.

Tahun 2003 Tony Q Rastafara merilis album solonya yang kedua berjudul ‚ÄúKronologi‚ÄĚ. Lagu dalam album tersebut merupakan kumpulan dari beberapa lagu dari album-album Tony Q sebelumnya dan juga beberapa lagu yang belum sempat dirilis. Tahun 2005 Tony Q merilis album ‚ÄúSalam Damai‚ÄĚ. Dalam album ini Tony Q mencoba menggabungkan musik reggae dengan unsur instrumen tradisional Indonesia. Dalam album tersebut terdapat lagu dengan lirik bahasa Sunda (‚ÄúParis Van Java‚ÄĚ) dan Jawa (‚ÄúNgajogjakarta‚ÄĚ) yang semakin menambah kental unsur tradisional Indonesia dalam musik reggae. [3]

Pada tahun 2005 lagu ‚ÄúPat Gulipat‚ÄĚ dari album solo pertamanya ‚ÄúDamai Dengan Cinta‚ÄĚ, masuk ke dalam album kompilasi musik ‚ÄúReggae Playground‚ÄĚ yang dirilis bulan Februari 2006 di bawah perusahaan rekaman Putumayo World Music, sebuah label rekaman yang berbasis di New York, AS.

Tahun 2009 Tony Q merilis album ‚ÄúPresiden‚ÄĚ dalam rangka maraknya Pemilu 2009 di Indonesia. Menurut Tony Q, album ini dirilis untuk memberikan wacana ke masyarakat penggemar musik reggae supaya tahu bagaimana menyikapi kondisi politik saat itu. Musik dalam album ini kembali menghadirkan unsur tradisional Indonesia seperti kendang Sunda, gamelan, sitar Jawa, tamburin, bahkan terompet reog.

AddThis Social Bookmark Button
 

Comments  

 
+2 #10 ariie 2012-07-09 04:45
om ku tunggu kedatangan mu di lubang buaya??

slam dari ku

mantemannd
Quote
 
 
+1 #9 febri pria rasa leci 2012-07-08 08:31
om tony q kpan main ke pondok gede...?

main om ku tunggu kedatangan mu...?

slam rastafara:

main ya om :lol:
Quote
 
 
+1 #8 kiki rastafara 2012-06-25 10:40
kiki menunggu kedatangan tonyq di bandung
Quote
 
 
+1 #7 kiki rastafara 2012-06-25 10:39
sya ngfens sma tony q
Quote
 
 
+1 #6 kiki rastafara 2012-06-25 10:37
saya rastafara indonesia
Quote
 
 
+2 #5 yudha rastafara 2012-06-16 09:54
mas tony indramayu menunggu kedatangan mu
bradda N sista udah ngga sabar menunggu mu :-)
Quote
 
 
+4 #4 jhoko q rastavara 2011-10-24 11:26
om toni kapan konser di priuknya . aku tunggu kedatangan mu
Quote
 
 
+3 #3 jhoko q rastavara 2011-10-24 11:25
om toni kapan konser dii priuknya aku tunggu kedatangan mu
Quote
 
 
+4 #2 ardiansyah irawan 2011-10-10 05:50
om kasih tau donk jadwal konser"a dmna dan kapan ajj ? :-* :-*

:sad: :sad:
Quote
 
 
+3 #1 ardiansyah irawan 2011-10-10 05:50
om kasih tau donk jadwal konser"a dmna dan kapan ajj ? :-* :-*

:sad: :sad:
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Banner Slider

AddThis

AddThis Social Bookmark Button
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday438
mod_vvisit_counterYesterday475
mod_vvisit_counterThis week1388
mod_vvisit_counterLast week5271
mod_vvisit_counterThis month25525
mod_vvisit_counterLast month14506
mod_vvisit_counterAll days1629295

We have: 6 guests, 1 bots online
Your IP: 54.90.227.32
 , 
Today: Oct 21, 2014

Easy Amazon Associates